Monday 16 May 2016

Buku ASWAJA karya K.H. Tholhah Hasan dan MADARIJ karya R.K.H. Bashori Alwi


Sudahkah baca buku revisi dari Prof. Dr. K.H. Tholhah Hasan berjudul "Ahlussunah Wal - Jama'ah: Dalam persepsi dan tradisi NU" buku ini sudah menyebar diseluruh Nusantara dan hasil dari Sang Pendidik di desa kami Singosari Malang.
Beliau ada karya salah satu buku yang sudah direvisi dan naik cetak beberapa kali. Buku ini adalah bacaan yang dianjurkan untuk masyarakat sekitar Singosari dan para guru di YP Al Maarif. Sangat saya rekomendasikan buku ini. Jangan mengaku warga Singosari jika belum tahu karya ini. Karena buku ini adalah hasil kerja keras pemikiran Beliau bertahun-tahun. Bagaimana ASWAJA kita? Permasalahan terkait ASWAJA dalam masyarakat? Kebingungan masyarakat akan berbagai macam aliran, dan hal-hal yang sudah beliau sampaikan dalam setiap ceramahnya ada dalam buku ini.
Selain itu ada lagi Tokoh seperjuangan Beliau, yaitu Romo K.H. M. Bashori Alwi Pengasuh Pesantren Ilmu Al-Quran (PIQ) yang memiliki karya paling fenomenal yaitu kitab "Madarij Durus Al Arobiyah" dan puluhan karya lainnya yang sudah menyebar dan diterapkan di berbagai kalangan. Dan pada tahun ini juga kitab "Bil Qolam" semakin luas menyebar seluruh nusantara.
Jika kita yang tinggal dan hidup di Singosari, menghirup udara nafas di Singosari, serta lahir dari Singosari tidak pernah mengenal karya tersebut, maka ibarat gajah di depan mata tak tampak dan semut di seberang lautan nampak. Mungkin sangat sibuknya kita akan urusan dunia, urusan perut, urusan ini-itu, dan akhirnya tidak pernah tahu jika ada hal pokok yang seharusnya lebih diketahui lebih dahulu dari pada urusan yang lain.
Jika tidak percaya, silahkan baca dan pelajari karya-karya Beliau. Saya jamin para pembaca yang budiman tidak akan pernah menyesal mempelajarinya. Mengapa? Karena ilmu-ilmu itu langsung bisa diterapkan secara kongkrit pada kehidupan, memahami konflik agama yang terjadi, mempelajari cara membaca Qur'an bagi anak-anak kita kelak (bagi yang belum memiliki anak), atau jika kita sebagai orang tua tahu mengenai tanggung jawab sebagai orang tua. Yaitu mendidik anak kita sebaik-baik mungkin, dan orang tua adalah contoh bagi anak-anaknya. Wallahua'lam.
Jombang, 6 April 2016

No comments:

Post a Comment

Kantin Kejujuran Al Ishlahiyah

ini adalah salah satu cara kami untuk membentuk kejujuran santri.