SUB RAYON 01 RAYON 27
SMK KABUPATEN MALANG
UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
FORMAT PENYUSUNAN
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Alokasi Waktu :
60 menit
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diuji
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Nomor
Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1
|
|
Melanjutkan
potongan ayat tentang perilaku husnuzhan.
|
|
|
1
|
||||
2
|
|
|
|
|
2
|
||||
3
|
|
|
|
|
3
|
||||
4
|
|
Menunjukkan
hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
|
|
4
|
||||
5
|
|
menganalisis
makna dari sifat Allah Swt dalam Asma’ul Husna tersebut.
|
|
|
5
|
||||
6
|
|
Menunjukkan
hikmah perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap malaikat malaikat Allah
Swt.
|
|
|
6
|
||||
7
|
Memahami Q.S. At-Taubah (9):
122 dan Hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama.
|
Menunjukkan makna yang terkandung dalam hadits tentang
menuntut ilmu.
|
Semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
|
Ditampilkan kutipan hadis
tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama,
peserta didik dapat menyimpulkan kandungan hadis tersebut.
|
7
|
||||
8
|
Memahami kedudukan Alquran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam.
|
Menunjukkan
fungsi sumber hukum Islam.
|
Sumber hukum Islam
|
Disajikan pernyataan tentang
sumber hukum Islam, peserta didik dapat menunjukkan fungsi sumber hukum
Islam.
|
8
|
||||
9
|
Memahami pengelolaan wakaf
|
Mengidentifikasi
manfaat pengelolaan wakaf bagi umat.
|
Pengelolaan wakaf
|
Disajikan wacana tentang
permasalahan pengelolaan wakaf, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat
pengelolaan wakaf bagi umat.
|
9
|
||||
10
|
Memahami substansi dan
strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah
|
Mengidentifikasi
perilaku yang sesuai dengan semangat dakwah Rasululullah saw di Makkah.
|
Meneladani Perjungan
Rasulullah saw di Mekkah.
|
Disajikan gambaran semangat
perjuangan dakwah Rasulullah saw periode Makkah, peserta didik dapat
mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan semangat dakwah Rasululullah saw
di Makkah.
|
10
|
||||
11
|
Menganalisis Q.S. Al-Maidah
(5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. AtTaubah (9) : 105, serta Hadis
tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
|
menunjukkan
terjemahan dari potongan ayat tentang kompetisi dalam kebaikan, dan etos
kerja.
|
Ayat-ayat al-Qur,an tentang
taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
|
Ditampilkan kutipan salah
satu ayat Alquran tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja,
peserta didik dapat menunjukkan terjemahan teks ayat tersebut.
|
11
|
||||
12
|
Menganalisis Q.S. Yunus (10)
: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta Hadis tentang toleransi dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
|
menyimpulkan
kandungan Alquran/Hadis tentang toleransi.
|
Ayat-ayat Alquran tentang
toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
|
Ditampilkan kutipan salah
satu ayat Alquran/Hadis tentang toleransi, peserta didik dapat menyimpulkan
kandungan dalil tersebut.
|
12
|
||||
13
|
Memahami makna iman kepada
Kitabkitab Allah SWT
|
Menunjukkan
contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah Swt.
|
Iman kepada Kitab-kitab Allah
Swt.
|
Disajikan contoh kasus
tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan contoh
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah Swt.
|
13
|
||||
14
|
Memahami makna iman kepada
Rasulrasul Allah SWT
|
Menunjukkan hikmah beriman
kepada Rasul-rasul
Allah.
|
Iman kepada Rasul-rasul Allah
Swt.
|
Ditampilkan kisah singkat
rasul Allah Swt, peserta didik dapat menunjukkan hikmah beriman kepada
Rasul-rasul
Allah.
|
14
|
||||
15
|
Memahami makna iman kepada
Rasulrasul Allah SWT
|
Menunjukkan dalil tentang
Nabi Muhammad saw sebagi rasul terakhir.
|
Iman kepada
Rasul-rasul Allah Swt.
|
|
15
|
||||
16
|
Memahami bahaya perilaku
tindak
kekerasan dalam kehidupan
|
Mengidentifikasi
bahaya yang ditimbulkan sebagai akibat tindak kekerasan.
|
Bahaya perilaku tindak
kekerasan.
|
Disajikan ilustrasi tentang
perilaku tindak kekerasan, peserta didik dapat mengidentifikasi bahaya yang
ditimbulkan sebagai akibat tindak kekerasan.
|
16
|
||||
17
|
Menelaah prinsip-prinsip dan
praktik
ekonomi dalam Islam
|
menentukan
contoh kerjasama ekonomi dalam Islam.
|
Prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan ilustrasi tentang
kerjasama ekonomi dalam Islam, peserta didik dapat menentukan contoh
kerjasama ekonomi dalam Islam.
|
17
|
||||
18
|
Menelaah prinsip-prinsip dan
praktik
ekonomi dalam Islam
|
menentukan contoh
kerjasama ekonomi dalam Islam.
|
Prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan ilustrasi tentang
kerjasama ekonomi dalam Islam, peserta didik dapat menentukan contoh
kerjasama ekonomi dalam Islam.
|
18
|
||||
19
|
Memahami pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah.
|
menunjukkan tata
cara mengkafani jenazah.
|
Penyelenggaraan jenazah
|
Disajikan ilustrasi tentang
kematian, peserta didik dapat menunjukkan tata cara mengkafani jenazah.
|
19
|
||||
20
|
Memahami pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah.
|
menunjukkan urutan rukun
shalat jenazah.
|
Penyelenggaraan
jenazah
|
Disajikan ilustrasi tentang
kematian, peserta didik dapat menunjukkan urutan rukun shalat jenazah.
|
20
|
||||
21
|
Memahami pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah |
mengidentifikasi metode
dalam berdakwah.
|
Khutbah, tabligh dan dakwah
|
Disajikan deskripsi tentang
khutbah, tabligh dan da’wah,
peserta didik dapat mengidentifikasi metode dalam berdakwah. |
21
|
||||
22
|
Menelaah perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan |
menunjukkan ilmuwan pada
Masa Kejayaan. |
Islam pada Masa Kejayaan.
|
Disajikan sejarah singkat
perkembangan Islam Masa
Kejayaan, peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan pada Masa Kejayaan. |
22
|
||||
23
|
Menelaah perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan |
menunjukkan contoh karya ilmuwan muslim
pada Masa Kejayaan.
|
Islam pada Masa Kejayaan.
|
|
23
|
||||
24
|
Menelaah perkembangan Islam
pada
masa modern (1800- sekarang) |
mengidentifikasi
pemikiran
cendekiawan muslim pada Masa Modern. |
Islam
pada Masa Modern.
|
Disajikan
sejarah singkat perkembangan Islam pada Masa
Modern, peserta didik dapat mengidentifikasi pemikiran cendekiawan muslim pada Masa Modern. |
24
|
||||
25
|
Menganalisis Q.S. Ali Imran
(3): 190191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadis tentang berpikir kritis
dan
bersikap demokratis,
|
menyimpulkan isi
kandungan ayat tersebut.
|
Q.S. Ali Imran (3): 190-191,
dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis,
|
|
25
|
||||
26
|
Menganalisis Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang saling
menasihati dan berbuat baik (ihsan).
|
menunjukkan
hukum bacaan tajwid.
|
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan
Q.S. AlBaqarah (2): 83, serta Hadis tentang saling menasihati dan berbuat
baik (ihsan).
|
Disajikan kutipan salah satu
ayat Alquran tentang saling menasihati dan berbuat baik (Ihsan),
peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan tajwid.
|
26
|
||||
27
|
Memahami makna iman kepada
Hari
Akhir. |
menganalisis
tanda- tanda
beriman kepada hari akhir. |
Iman
kepada Hari Akhir.
|
Disajikan
wacana tentang perilaku manusia dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis tanda- tanda beriman kepada hari akhir. |
27
|
||||
28
|
Memahami makna iman kepada
Hari
Akhir. |
menunjukkan
hikmah iman kepada hari
akhir. |
Iman
kepada Hari Akhir.
|
Disajikan
contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat,
peserta didik dapat menunjukkan hikmah iman kepada hari akhir. |
28
|
||||
29
|
Memahami makna iman kepada
Qadha
dan Qadar. |
menunjukkan
contoh sikap menerima takdir Allah Swt
|
Iman
kepada Qadha dan Qadar.
|
Disajikan
ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik
dapat menunjukkan contoh sikap menerima takdir Allah Swt |
29
|
||||
30
|
Memahami makna iman kepada
Qadha
dan Qadar. |
mengemukakan
hikmah iman kepada qadha dan qadar.
|
Iman
kepada Qadha dan Qadar.
|
Disajikan
wacana tentang kehidupan seseorang, peserta didik
dapat mengemukakan hikmah iman kepada qadha dan qadar. |
30
|
||||
31
|
Memahami hikmah dan manfaat
saling menasehati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
|
menunjukkan
hikmah /manfaat saling menasihati..
|
Saling menasehati dan berbuat
baik(ihsan)
dalam kehidupan
|
Ditampilkan ilustrasi tentang
saling menasehati, peserta didik dapat menunjukkan hikmah /manfaat saling
menasihati..
|
31
|
||||
32
|
Memahami ketentuan
pernikahan dalam
Islam. |
menjelaskan
hukum pernikahan.
|
Pernikahan
dalam Islam.
|
Disajikan
ketentuan hukum pernikahan dalam Islam, peserta
didik dapat menjelaskan hukum pernikahan. |
32
|
||||
33
|
Memahami ketentuan
pernikahan dalam
Islam. |
mengidentifikasi
macam-macam talak.
|
Pernikahan
dalam Islam.
|
Disajikan
ilustrasi tentang talak, peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam talak. |
33
|
||||
34
|
Memahami ketentuan
pernikahan dalam
Islam. |
menunjukkan
tujuan pernikahan sesuai dengan
ayat tersebut. |
Pernikahan
dalam Islam
|
Disajikan
kutipan ayat Alquran tentang pernikahan , peserta
didik dapat menunjukkan tujuan pernikahan sesuai dengan ayat tersebut. |
34
|
||||
35
|
Memahami hak dan kedudukan
wanita
dalam keluarga berdasarkan hukum Islam |
menunjukkan
kewajiban isteri dalam rumah tangga.
|
Hak
dan kedudukan wanita dalam keluarga
berdasarkan hukum Islam |
Disajikan
narasi tentang pernikahan, peserta didik dapat
menunjukkan kewajiban isteri dalam rumah tangga. |
35
|
||||
36
|
Memahami ketentuan waris
dalam
Islam. |
mengidentifikasi
sebab-sebab seseorang mendapat harta
waris. |
Ketentuan
Waris dalam Islam.
|
Disajikan
ilustrasi tentang ketentuan waris, peserta didik
dapat mengidentifikasi sebab-sebab seseorang mendapat harta waris. |
36
|
||||
37
|
Memahami ketentuan waris
dalam
Islam |
menunjukan
hal-hal yang harus dilakukan
sebelum pembagian harta waris. |
Ketentuan
Waris dalam Islam.
|
Disajikan
ilustrasi tentang wafatnya sesesorang, peserta didik
dapat menunjukan hal-hal yang harus dilakukan sebelum pembagian harta waris. |
37
|
||||
38
|
Memahami strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia. |
menjelaskan
macam-macam strategi
dakwah Islam di Indonesia. |
Strategi
dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia. |
Disajikan
sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia,
peserta didik dapat menjelaskan macam-macam strategi dakwah Islam di Indonesia. |
38
|
||||
39
|
Memahami strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia. |
menunjukkan
bukti masuknya Islam ke
Indonesia pada abad ke-1 H/7 M. |
Strategi
dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia. |
Disajikan
narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia,
peserta didik dapat menunjukkan bukti masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-1 H/7 M. |
39
|
||||
40
|
Menganalisis faktor-faktor
kemajuan
dan kemunduran peradaban Islam di dunia |
menunjukkan
alasan Islam mudah
berkembang di dunia |
Kemajuan
dan kemunduran Islam di dunia.
|
Disajikan
sejarah singkat perkembangan Islam di dunia,
peserta didik dapat menunjukkan alasan Islam mudah berkembang di dunia |
40
|
Tim Penyusun
NO
|
NAMA
|
ASAL SEKOLAH
|
1
|
Drs. H. IMAM NAWAWI, M.Pd
|
SMK N 1 SINGOSARI
|
2
|
Drs. ANWAR, M.Pd.I
|
SMK N 1 SINGOSARI
|
3
|
NOVA LUKMANUL, S.Ag
|
SMK PGRI SINGOSARI
|
4
|
KHOIRUL ANAM, S.Pd.I, MM
|
SMK SUNAN KALIJOGO JABUNG
|
5
|
DWI SANTOSO, S.Pd.I
|
SMK PGRI 4 PAKIS
|
6
|
SHOFA QONITA, S.Hi
|
SMK TERPADU AL-ISHLAHIYAH
|
7
|
MOH. KAFID, S.Pd.I
|
SMK PGRI LAWANG
|
Keterangan Pengisian Kolom/format KST
Kolom
1 : Diisi
nomor urut
Kolom
2 : Diisi KD yang esensial dan
frekuensi penggunaannya di dunia kerja/pekerjaan sering atau selalu digunakan.
Kolom
3 : Diisi kemampuan yang diuji yang
merupakan bagian yang esensial KD
terpilih yang ada di kolom 2.
Kolom
4 : Diisi materi pokok yang dirumuskan
dari kemampuan yang diuji secara jelas dan singkat
Kolom 5
: Diisi rumusan indikator soal yang
dibuat mengacu pada materi pokok pada kolom 4. Setiap materi
pokok dapat dirumuskan satu atau lebih dari satu indikator soal
Kolom 6 : Diisi nomor sebaran soal
No comments:
Post a Comment