Monday 7 November 2016

Kisi-kisi Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi


SUB RAYON 01 RAYON 27 SMK KABUPATEN MALANG
UJIAN SEKOLAH
                                                                                        TAHUN PELAJARAN 2015/2016       

FORMAT PENYUSUNAN

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH


Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti                                     
Alokasi Waktu              : 60 menit
Bentuk Soal                  : Pilihan Ganda



No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diuji
Materi Pokok
Indikator Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4
5
6
1
 Menganalisis QS. Al-Anfal (8) : 72);
QS. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS. AlHujurat (49) : 10; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Melanjutkan potongan ayat tentang perilaku husnuzhan.
 QS. Al-Anfal (8) : 72); QS. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS. Al-Hujurat (49) : 10; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
 Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut.
1
2
 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
 menunjukkan hikmahnya perilaku husnuzhan.
 Manfaat dan hikmah kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
 Disajikan ilustrasi tentang perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan
(ukhuwah), peserta didik dapat menunjukkan hikmahnya.
2
3
 Menganalisis QS. Al-Isra’ (17) : 32, dan QS. An-Nur (24) : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
mengidentifikasi hukum tajwid
 QS. Al-Isra’ (17) : 32, dan QS. An-Nur (24) : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
 Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum tajwid pada ayat tersebut.
3
4
 Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
Menunjukkan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
 Manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
 Disajikan narasi tentang kasus pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat menganalisis hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4
5
 Memahami makna Asmaul Husna: al-
Kariim, alMu’min, al-Wakiil, al-
Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-
Akhiir;
menganalisis makna dari sifat Allah Swt dalam Asma’ul Husna tersebut.
 Iman kepada Allah Swt (Asmaul Husna: alKariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, alJaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
 Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan al-
Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir, peserta didik dapat menganalisis makna dari sifat Allah Swt dalam Asma’ul Husna tersebut.
5
6
 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
Menunjukkan hikmah perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap malaikat malaikat Allah Swt.
 Iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
 Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat zaman sekarang, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap malaikat malaikat Allah Swt.
6
7
Memahami Q.S. At-Taubah (9): 122 dan Hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.

Menunjukkan makna yang terkandung dalam hadits tentang menuntut ilmu.
Semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
Ditampilkan kutipan hadis tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan hadis tersebut.
7
8
Memahami kedudukan Alquran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Menunjukkan fungsi sumber hukum Islam.
Sumber hukum Islam
Disajikan pernyataan tentang sumber hukum Islam, peserta didik dapat menunjukkan fungsi sumber hukum Islam.
8
9
Memahami pengelolaan wakaf

Mengidentifikasi manfaat pengelolaan wakaf bagi umat.
Pengelolaan wakaf
Disajikan wacana tentang permasalahan pengelolaan wakaf, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat pengelolaan wakaf bagi umat.
9
10
Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah

Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan semangat dakwah Rasululullah saw di Makkah.
Meneladani Perjungan Rasulullah saw di Mekkah.
Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah saw periode Makkah, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan semangat dakwah Rasululullah saw di Makkah.
10
11
Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. AtTaubah (9) : 105, serta Hadis tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
menunjukkan terjemahan dari potongan ayat tentang kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
Ayat-ayat al-Qur,an tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan terjemahan teks ayat tersebut.
11
12
Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta Hadis tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.

menyimpulkan kandungan Alquran/Hadis tentang toleransi.
Ayat-ayat Alquran tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Alquran/Hadis tentang toleransi, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan dalil tersebut.
12
13
Memahami makna iman kepada Kitabkitab Allah SWT

Menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah Swt.
Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah Swt.
13
14
Memahami makna iman kepada Rasulrasul Allah SWT

Menunjukkan hikmah beriman kepada Rasul-rasul
Allah.
Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
Ditampilkan kisah singkat rasul Allah Swt, peserta didik dapat menunjukkan hikmah beriman kepada Rasul-rasul
Allah.
14
15
Memahami makna iman kepada Rasulrasul Allah SWT

Menunjukkan dalil tentang Nabi Muhammad saw sebagi rasul terakhir.
Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
Disajikan sejarah singkat rasul Allah Swt, peserta didik dapat
menunjukkan dalil tentang Nabi Muhammad saw sebagi rasul terakhir.
15
16
Memahami bahaya perilaku tindak
kekerasan dalam kehidupan
Mengidentifikasi bahaya yang ditimbulkan sebagai akibat tindak kekerasan.
Bahaya perilaku tindak kekerasan.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tindak kekerasan, peserta didik dapat mengidentifikasi bahaya yang ditimbulkan sebagai akibat tindak kekerasan.
16
17
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam
menentukan contoh kerjasama ekonomi dalam Islam.
Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
Disajikan ilustrasi tentang kerjasama ekonomi dalam Islam, peserta didik dapat menentukan contoh kerjasama ekonomi dalam Islam.
17
18
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam
menentukan contoh kerjasama ekonomi dalam Islam.
Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
Disajikan ilustrasi tentang kerjasama ekonomi dalam Islam, peserta didik dapat menentukan contoh kerjasama ekonomi dalam Islam.

18
19
Memahami pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah.

menunjukkan tata cara mengkafani jenazah.
Penyelenggaraan jenazah
Disajikan ilustrasi tentang kematian, peserta didik dapat menunjukkan tata cara mengkafani jenazah.
19
20
Memahami pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah.

menunjukkan urutan rukun shalat jenazah.
Penyelenggaraan jenazah
Disajikan ilustrasi tentang kematian, peserta didik dapat menunjukkan urutan rukun shalat jenazah.

20
21
Memahami pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah
mengidentifikasi metode dalam berdakwah.
Khutbah, tabligh dan dakwah
Disajikan deskripsi tentang khutbah, tabligh dan da’wah,
peserta didik dapat mengidentifikasi metode dalam berdakwah.
21
22
Menelaah perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan
menunjukkan ilmuwan pada
Masa Kejayaan.
Islam pada Masa Kejayaan.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam Masa
Kejayaan, peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan pada
Masa Kejayaan.
22
23
Menelaah perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan
menunjukkan contoh karya ilmuwan muslim pada Masa Kejayaan.
Islam pada Masa Kejayaan.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam Masa
Kejayaan, peserta didik dapat menunjukkan contoh karya ilmuwan muslim pada Masa Kejayaan.
23
24
Menelaah perkembangan Islam pada
masa modern (1800- sekarang)
mengidentifikasi pemikiran
cendekiawan muslim pada Masa Modern.
Islam pada Masa Modern.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam pada Masa
Modern, peserta didik dapat mengidentifikasi pemikiran
cendekiawan muslim pada Masa Modern.
24
25
Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan
bersikap demokratis,
menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis,
Disajikan ayat Alqur’an tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
25
26
Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
menunjukkan hukum bacaan tajwid.
Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. AlBaqarah (2): 83, serta Hadis tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
Disajikan kutipan salah satu ayat Alquran tentang saling menasihati dan berbuat baik (Ihsan), peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan tajwid.
26
27
Memahami makna iman kepada Hari
Akhir.
menganalisis tanda- tanda
beriman kepada hari akhir.
Iman kepada Hari Akhir.
Disajikan wacana tentang perilaku manusia dalam kehidupan
sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis tanda- tanda
beriman kepada hari akhir.
27
28
Memahami makna iman kepada Hari
Akhir.
menunjukkan hikmah iman kepada hari
akhir.
Iman kepada Hari Akhir.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat,
peserta didik dapat menunjukkan hikmah iman kepada hari
akhir.
28
29
Memahami makna iman kepada Qadha
dan Qadar.
menunjukkan contoh sikap menerima takdir Allah Swt
Iman kepada Qadha dan Qadar.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik
dapat menunjukkan contoh sikap menerima takdir Allah Swt
29
30
Memahami makna iman kepada Qadha
dan Qadar.
mengemukakan hikmah iman kepada qadha dan qadar.
Iman kepada Qadha dan Qadar.
Disajikan wacana tentang kehidupan seseorang, peserta didik
dapat mengemukakan hikmah iman kepada qadha dan qadar.
30
31
Memahami hikmah dan manfaat saling menasehati dan berbuat baik (ihsan) dalam kehidupan.
menunjukkan hikmah /manfaat saling menasihati..
Saling menasehati dan berbuat baik(ihsan)
dalam kehidupan
Ditampilkan ilustrasi tentang saling menasehati, peserta didik dapat menunjukkan hikmah /manfaat saling menasihati..

31
32
Memahami ketentuan pernikahan dalam
Islam.
menjelaskan hukum pernikahan.
Pernikahan dalam Islam.
Disajikan ketentuan hukum pernikahan dalam Islam, peserta
didik dapat menjelaskan hukum pernikahan.
32
33
Memahami ketentuan pernikahan dalam
Islam.
mengidentifikasi macam-macam talak.
Pernikahan dalam Islam.
Disajikan ilustrasi tentang talak, peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam talak.
33
34
Memahami ketentuan pernikahan dalam
Islam.
menunjukkan tujuan pernikahan sesuai dengan
ayat tersebut.
Pernikahan dalam Islam
Disajikan kutipan ayat Alquran tentang pernikahan , peserta
didik dapat menunjukkan tujuan pernikahan sesuai dengan
ayat tersebut.
34
35
Memahami hak dan kedudukan wanita
dalam keluarga berdasarkan hukum
Islam
menunjukkan kewajiban isteri dalam rumah tangga.
Hak dan kedudukan wanita dalam keluarga
berdasarkan hukum Islam
Disajikan narasi tentang pernikahan, peserta didik dapat
menunjukkan kewajiban isteri dalam rumah tangga.
35
36
Memahami ketentuan waris dalam
Islam.
mengidentifikasi sebab-sebab seseorang mendapat harta
waris.
Ketentuan Waris dalam Islam.
Disajikan ilustrasi tentang ketentuan waris, peserta didik
dapat mengidentifikasi sebab-sebab seseorang mendapat harta
waris.
36
37
Memahami ketentuan waris dalam
Islam
menunjukan hal-hal yang harus dilakukan
sebelum pembagian harta waris.
Ketentuan Waris dalam Islam.
Disajikan ilustrasi tentang wafatnya sesesorang, peserta didik
dapat menunjukan hal-hal yang harus dilakukan
sebelum pembagian harta waris.
37
38
Memahami strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
menjelaskan macam-macam strategi
dakwah Islam di Indonesia.
Strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia,
peserta didik dapat menjelaskan macam-macam strategi
dakwah Islam di Indonesia.
38
39
Memahami strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
menunjukkan bukti masuknya Islam ke
Indonesia pada abad ke-1 H/7 M.
Strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia.
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia,
peserta didik dapat menunjukkan bukti masuknya Islam ke
Indonesia pada abad ke-1 H/7 M.
39
40
Menganalisis faktor-faktor kemajuan
dan kemunduran peradaban Islam di
dunia
menunjukkan alasan Islam mudah
berkembang di dunia
Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di dunia,
peserta didik dapat menunjukkan alasan Islam mudah
berkembang di dunia
40


Tim Penyusun

NO
NAMA
ASAL SEKOLAH
1
Drs. H. IMAM NAWAWI, M.Pd
SMK N 1 SINGOSARI
2
Drs. ANWAR, M.Pd.I
SMK N 1 SINGOSARI
3
NOVA LUKMANUL, S.Ag
SMK PGRI SINGOSARI
4
KHOIRUL ANAM, S.Pd.I, MM
SMK SUNAN KALIJOGO JABUNG
5
DWI SANTOSO, S.Pd.I
SMK PGRI 4 PAKIS
6
SHOFA QONITA, S.Hi
SMK TERPADU AL-ISHLAHIYAH
7
MOH. KAFID, S.Pd.I
SMK PGRI LAWANG








Keterangan Pengisian Kolom/format KST

Kolom 1 :    Diisi nomor urut
Kolom 2 :    Diisi KD yang esensial dan frekuensi penggunaannya di dunia kerja/pekerjaan sering atau selalu digunakan.
Kolom 3 :    Diisi kemampuan yang diuji yang merupakan bagian yang esensial  KD terpilih yang ada di kolom 2.
Kolom 4 :    Diisi materi pokok yang dirumuskan dari kemampuan yang diuji secara jelas dan singkat
Kolom 5 :    Diisi rumusan indikator soal yang dibuat mengacu pada materi pokok pada kolom 4. Setiap materi pokok dapat dirumuskan satu atau lebih dari satu indikator soal

Kolom 6 :    Diisi nomor sebaran soal

No comments:

Post a Comment

Kantin Kejujuran Al Ishlahiyah

ini adalah salah satu cara kami untuk membentuk kejujuran santri.