Tuesday 27 October 2015

Bapak Dr. Syafaat, M.Ag, Dan kehidupan beliau


Beliau adalah sosok yang memang terkenal dengan kesederhanaan dan semangatnya, beliau saya kenal benar ketika saya semester pertama di Universitas Negeri Malang, dan beliau adalah Murid Kyai Mustain di PP Darul Qur'an Watugede Singosari, sebelumnya lagi pernah nyantri di PP Miftahul Ulum Jember dengan tirakatnya yang luar biasa.
Saya termasuk penggemar tulisan-tulisan beliau, salah satunya di blog beliau Cahaya Qur'ani. Beliau dengan sabarnya mendidik mahasiswa kelas sampai non kelas khusus Tahfidz Qur'an dan membentuk BTCQ (Bayt at-Tahfidz Cahaya Qurani) baru kemarin 1 Januari 2015 usia satu tahun sejak didirikan, dan beliau di panggil senin pagi, 2 Februari 2015. Meski pihak kampus tidak membikin studi tentang Qur'an beliau tetap optimis dengan tangguhnya. Tidak ada yang mengira secepat ini beliau meninggalkan kami. Serasa masih tidak percaya beliau secepat ini kembali kepada Sang Pencipta.
Beliau sempat berceramah ketika 7 hari meninggalnya K.H. Musta'in, dan menuliskan pula biografi dalam sebuah susunan yang lengkap. Saya masih terngiang jelas bagaimana penjelasan beliau selama menjadi santri di Watugede. Ada satu kutipan yang menarik dari beliau tentang Kyai Musta'in; "Meskipun beliau adalah sosok Kyai Besar, beliau tidak pernah malu untuk belajar ke Kyai-kyai lain, untuk berjualan makanan dan minuman ringan, dan untuk mengingatkan santri-santrinya agar berwiraswasta" hal ini adalah nasehat yang langsung di praktekkan oleh beliau.
Wajah dan tutur kata beliau yang halus, kesederhanaan dan keilmuan beliau yang dalam seakan kini hilang tiba-tiba terasa, berita meninggalnya beliau seakan sebuah ketidak percayaan bahwa memang sudah banyak jasa beliau pada kami, engkaulah guru kami yang luar biasa, dan kami yakin engkaulah ahli surga.
Beliau sangat cinta pada Al-Quran dan para penghafal Al-Quran, ada dibeberapa tulisan beliau di cahayaqurani blog di wordpress milik beliau, sangat rinci beliau menjelaskannya. Beliau orang sholeh dan selalu berkumpul dengan orang sholeh.
Beliau lahir di Banyuwangi tanggal 15 Agustus 1974 dan meninggal dunia di Malang, 2 Februari 2015 (41 Tahun). Dimakamkan di Makam Gasek. Selamat jalan duhai pejuang, guru kami, inspirator, dan orang yang kami cintai.
Kami selalu mengenang jasa-jasa yang telah engkau berikan pada kami. Jasa yang belum sempat bisa kami balas hingga detik ini, dimana engkau harus secepat ini kembali pada-Nya, semoga kami semua bisa mencontoh teladan yang telah engkau berikan. Amin.

No comments:

Post a Comment

Kantin Kejujuran Al Ishlahiyah

ini adalah salah satu cara kami untuk membentuk kejujuran santri.