Tuesday 27 October 2015

Mengapa Sambel Trasi?


Akun Facebook kamu mengapa sambel trasi? Kamu ndak PD ya? Apa alasannya? Apa kamu suka makan sambel? Atau jangan-jangan kamu usaha sambel?
Ya, nama itu bukan berati saya hobi dengan sambal atau jualan sambel, namun lain dari apa saja, saya mengibaratkan saja bahwa banyak hal sepele terkecil disekitar kita terabaikan hanya karena memang tidak seberapa penting, namun memiliki syarat makna.
Sebut saja sambel itu pelengkap makanan yang jumlahnya atau ukurannya lebih kecil dari pada nasi, lauk, dan lain-lain, tapi bisa merubah selera makan jika tanpa sambel, sambel juga memberikan ke pedasan paling pedas diantara nasi, lauk, dan lainnya. Meskipun bentuknya kecil namun syarat dengan aroma pedasnya.
Dengan pedasnya sambel bisa merubah selera makan, membikin ketagihan, bahkan si pemakan menangis menjadi-jadi, atau juga dengan sambel tersebut seseorang mengerti arti pentingnya sebuah sambel. Lantas kenapa kok trasi? Kenapa kok sambel trasi? Bukan sambel lain? Sambel Bajak atau Sambel Terong.
Ya lagi-lagi trasi adalah salah satu makanan yang aromanya kurang baik namun rasanya baik, ini bermakna lebih penting rasa dari pada aroma, lebih penting hati dari pada parfum, lebih penting niat dari pada jimat, lebih penting inti dari pada prasangka. Lebih baik pil pahit yang berujung manis. Lebih baik menikah dari pada bujangan, hehehe... senggol Emon GOmbles, Syukron Ma'mun Cirebon, Mohammad Afief Hasan, Moh Luqman Hakim, Muhammed Loekman Hakeem, Abdul Basith, M. Nova Burhanuddin], Muhammad Nashrulloh, Wasiman, Shodiqin El Mochammad, NaLuri Ichsan Mohammadd, Fuad Ramadhan, Ilham Iil Mahli, Sandi Putra Candrawinata, Fathul Panata Praja, Ichoel As Shilmy, dll.
Sambel berbahan cabe yang memiliki harga tidak murah, dan penjual bakso akan sepi jika lupa tidak membikin sambel, rawon tanpa sambel? Mie Setan tanpa sambel? Maichi tanpa sambel? Indomie atau Mie Sedaap tanpa sambel?
Berharap dari nama sambel ini dari pemilik akun facebooknya agar meski sederhana, tersepelekan, tidak banyak diketahui, namun semoga saja tetap bermakna karena manfaatnya sambel itu sedikit namun bermakna.
Kedua, memiliki alasan yang terkesan menutupi nama asli atau dengan kata lain pemilik akun ini (saya) lebih senang tidak banyak yang mengenal dan biarkan orang yang mengenal wajah saya berarti mengenal nama saya sebenarnya, sehingga pertemanan dunia maya selaras dengan dunia nyata. Ini sekaligus penjelasan beberapa teman yang selalu tanya, "mengapa Sambel Trasi?"
#salam hangat

No comments:

Post a Comment

Kantin Kejujuran Al Ishlahiyah

ini adalah salah satu cara kami untuk membentuk kejujuran santri.