Tuesday 27 October 2015

Menjelang 7 hari Kyai Abu Sairi


Banyak pengalaman, nasehat, didikan, ilmu, dan banyak hal yang telah beliau utrakan semenjak saya mengenal beliau hingga beliau menghadap pada Sang Kuasa.
Kyai Abu atau Pak Abu adalah panggilan akrab beliau. Alumnus Pesantren Gontor, beliau juga guru Cak Nun (Emha Ainun Najib) beliau sangat enerjik meski di usia sepuh. Beliau bukan tokoh terkenal media atau guru besar di Universitas, lebih dari itu beliau adalah obor penerang jiwa di Singosari, bahkan lebih dari kota santri Singosari saja. Dan banyak hal tentang beliau yang tidak saya tuliskan. Disisi lain saya juga tidak faham benar sejarah panjang beliau di Singosari, hanya sepenggal-penggal saja yang saya pahami.
Baru minggu-minggu kemarin beliau berjalan menyusuri gang-gang kecil dari Jl. Masjid (Rumah Beliau) sampai Jl. Kramat menuju Pesantren Ishlahiyah untuk mengajar Diniyah Sore, beliau membawa payung dan tas kecil sembari hujan mengguyur bukan alasan tidak mengajar. Berjalannya juga pelan-pelan perlahan dan sarung sedikit diangkat agar terhindar dari percikan air hujan. Dalam prinsip beliau bahwa tidak ada kata pensiun dalam mengabdikan diri.
Terkadang juga menunggu seorang diri dalam kelas, saking istiqomahnya beliau sabar menunggu muridnya datang masuk kelas. Beliau mengajar lebih dari 50 tahun, yang jelas dalam dunia pendidikan beliau paham benar bagaimana mendidik murid dan santri. Beliau sudah merasakan pahit getir dan manisnya menjadi guru.
Suatu saat saya pernah mengikuti rapat dewan guru, beliau selalu melontarkan ide-ide brilian, solusi kreatif, nasehat ditengah kebingungan mendidik, semangat melangkah, joke segar, kritikan kurikulum, cerita pengalaman, dan tentu do'a penutup disetiap acara.
Lebaran kemarin kami rombongan keluarga datang ke Ndalem (Rumah) beliau untuk sowan dan riyayan, ketika kami akan pamit pulang malah beliau meminta di do'akan tamunya atau muridnya ini adalah salah satu kerendah hatian beliau. Meski paling sepuh beliau tetap menghargai siapapun tamunya.
Pagi beliau mengajar di Madrasah Al Maarif hingga sore masih mengajar, entah sudah berapa murid dalam tangan didikan beliau jika setiap tahun saja ribuan murid yang beliau didik. Saya jadi malu pada diri sendiri baru sebentar jadi guru sudah sering sambat dan tidak istiqomah. Pelajaran ini sangat berharga.
Baru Maulid Nabi kemarin tanggal 18 Januari 2015 beliau menghadiri acara dan sekaligus memimpin do'a. Beliau juga ikut Ziarah Wali Bali, masih sehat dan bugar. Malam hari sebelum beliau wafat beliau langsung dirujuk ke BKIA Muslimat NU Singosari.
Tidak ada yang menyangka pagi hari kemudian beliau wafat, ada pesan yang telah diceritakan saat pemberangkatan sebelum dimakamkannya Kyai Abu. Yang dijelaskan oleh Kyai Tolhah Hasan; "bahwa seminggu sebelum beliau kapundut, beliau datang kerumah saya (Kyai Tolhah) beliau mau pamit untuk tidak ngajar di Maarif, dan mungkin pamit inilah isyarohnya, saya selisih satu tahun lebih tua dari Pak Abu" jelas Kyai Tolhah lagi "bahwa beliau juga guru yang terlama mengabdi di Al Maarif, sudah tidak terhingga jasa-jasa beliau di awal-awal perjuangan kami saat itu".
Dalam hati kami tidak akan pernah melupakan jasa yang telah engkau berikan, hati kami telah mencatat bahwa engkaulah orang yang luar biasa, pendidik lintas generasi, pendidik moral, pendidik jiwa-jiwa yang rapuh, lentera memahami ilmu Allah, dan selalu mendidik para pendidik (guru).
Pendidikan yang terbesar yang beliau berikan pada saya pribadi adalah haliyah (keseharian) yang telah beliau contohkan melalui tindakan nyata. Memang berat menjalani kehidupan ini, namun melihat semangat beliau yang tidak pernah pudar itulah adalah cambuk semangat bagi kami, energi untuk melawan kemalasan dan kebodohan, membangkitkan semangat yang terkadang lemah.
Mungkin terlalu sempit tulisan paragraf ini untuk saya jelaskan lagi tentang beliau yang banyak kenangan, jasa, nasehat, contoh, keberanian, dan tentunya semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Mbak Durroh Fuadin Kurniati Runi. Bahwa tugas beliau dalam mendidik tidak pernah sia-sia, beliau adalah sosok Guru sekligus kepala Rumah tangga yang sederhana dan luar biasa.
Cara berterimakasih yang paling sederhana pada guru atau orang tua kita adalah mendo'akan dengan tulus dan ikhlas (kirim fatihah), dengan cara inilah semoga kita memperoleh ilmu manfaat, barokah, dan hidup dalam kedamaian. Amin Ya Allah.
Teriring do'a untuk beliau. Semoga amal ibadah Beliau diterima Allah dan diampuni segala dosanya. Amin. Alfatihah.

No comments:

Post a Comment

Kantin Kejujuran Al Ishlahiyah

ini adalah salah satu cara kami untuk membentuk kejujuran santri.